Pengendalian terhadap kegiatan pusat riset dan pengembangan mempunyai
karakteristik sebagai berikut :
1. Hasil kegiatan riset dan
pengembangan sulit diukur secara kuantitatif. Dibandingkan dengan keluaran
pusat administrasi, yang sebagian besar berupa jasa dan nasihat, keluaran pusat
riset dan pengembangan lebih berwujud seperti berupa paten, produk baru, atau
proses baru. Namun keluaran ini tidak mempunyai hubungan yang nyata dengan
masukannya, sehingga sulit untuk diukur dan dinilai. Keluaran pusat riset dan
pengembangan kemungkinan memerlukan kegiatan bertahun – tahun, sehingga
akibatnya masukan yang dicantumkan dalam anggaran tahunan tidak berhubungan
dengan keluarannya. Meskipun keluarannya dapat diidentifikasi, namun nilainya
seringkali sulit untuk ditentukan. Meskipun nilai keluarannya dapat dihitung,
namun biasanya tidak mungkin bagi manajemen untuk menilai kegiatan riset dan
pengembangan karena karakteristik tekniknya. Hubungan sebab akibat antara
masukan dan keluaran tidak dapat ditentukan. Usaha yang brilian seringkali
berakhir dengan kegagalan, sedangkan usaha yang tidak begitu baik malahan
menghasilkan rejeki yang luar biasa.
2. Ketidak sesuaian antara tujuan
pusat riset dan pengembangan dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan.
Manajer pusat pertanggungjawaban ini seringkali menginginkan departemen riset
dan pengembangan yang terbaik yang tidak sesuai dengan kemampuan perusahaan
untuk membelanjainya.
3. Kegiatan riset dan pengembangan
tidak dapat dikendalikan atas dasar tahunan. Proyek riset pada umumnya baru
membuahkan hasil setelah melalui usaha bertahun – tahun. Untuk membangun
departemen riset dan pengembangan yang baikpun tidak dapat dilakukan dalam
jangka waktu yang pendek. Oleh karena itu tidaklah bijaksana jika biaya riset
dan pengembangan dikurangi hanya karena laba perusahaan menurun dalam waktu
tertentu.
Pada dasarnya manajemen harus membuat tiga keputusan yang bersangkutan
dengan kegiatan riset dan pengembangan.
1. Memutuskan jumlah dana yang
diperuntukkan untuk membiayai kegiatan riset dan pengembangan.
2. Memutuskan arah usaha riset dan
pengembangan.
3. Menilai efektifitas kegiatan
riset dan pengembangan.
Semua keputusan tersebut harus dihubungkan dengan program riset dan
pengembangan jangka panjang. Anggaran biaya tahunan tidak boleh menentukan
ketiga keputusan tersebut di atas.
Pengukuran prestasi manajer pusat riset dan pengembangan dilakukan dengan
cara menyajikan laporan bulanan atau kuartalan yang berisi perbandingan antara
biaya sesungguhnya dengan biaya yang dianggarkan menurut pusat
pertanggungjawaban dan menurut proyek. Laporan biaya menurut proyek ini berisi
perbandingan perkiraan terakhir total biaya proyek dengan biaya proyek yang
telah disetujui oleh manajemen puncak. Tujuan penyajian laporan ini adalah
untuk membantu manajemen puncak dalam menentukan apakah perubahan perlu
dilakukan terhadap proyek yang sedang berjalan. Laporan biaya riset dan
pengembangan menurut pusat pertanggungjawaban berisi perbandingan antara biaya
sesungguhnya dengan biaya yang dianggarkan oleh pusat riset dan pengembangan.
Tujuan penyajian ini adalah untuk membantu manajemen dalam merencanakan biaya
dan memperoleh ketidakpastian bahwa biaya yang telah disanggupi dapat
terpenuhi. Kedua macam laporan tersebut sama sekali tidak dimaksudkan untuk
menilai efisiensi maupun efektifitas usaha riset dan pengembangan.
F. PUSAT
PEMASARAN/PUSAT PENDAPATAN
Pusat pemasaran dapat diperlakukan sebagai pusat pendapatan yang manajernya
diukur prestasinya dari pendapatan yang diperolehnya selama suatu periode, atau
dapat diperlakukan sebagai pusat biaya kebijakan yang pengendaliannya
memerlukan cara khusus yang berbeda dengan tipe pusat pertanggungjawaban yang
lain, yaitu pusat administrasi dan pusat riset dan pengembangan,
Pada dasarnya kegiatan pusat pemasaran dapat dibagi menjadi dua macam,
yaitu ; kegiatan untuk mendapatan pesanan dan kegiatan untuk memenuhi
pesanan. Dua kegiatan inisangat berlainan sifatnya, sehingga memerlukan
cara pengendalian yang sangat berbeda.
Kegiatan untuk memperoleh pesanan merupakan kegiatan pemasaran yang
sebenarnya. Kegiatan ini mempunyai
karakteristik sebagai berikut :
1. Keluaran pusat pemasaran dapat
diukur secara kuantitatif, namun sulit untuk mengukur efektifitas kegiatan
untuk memperoleh pesanan karena lingkungan yang dihadapi pusat pemasaran tidak
dapat dikendalikan oleh manajer yang bersangkutan.
2. Pengukuran prestasi manajer pusat
pemasaran tidak dapat dilakukan hanay dengan melihat apakah manajer tersebut
telah mengeluarkan biaya sesuai dengan yang telah dianggarkan. Prestasi manajer
pusat pemasaran lebih banyak dilihat dari sudut seberapa jauh target pemasaran
dilampaui, bukan dari sudut biaya pemasaran yang telah dikeluarkan dibandingkan
dengan anggaran biayanya.
Kegiatan untuk memenuhi pesanan meliputi penyerahan barang dari
perusahaan ke pembeli dan penagihan piutang dari pembeli tersebut. Cara pengendalian
kegiatan ini sama dengan cara pengendalian pusat biaya teknik dan pusat biaya
kebijakan dalam departemen produksi.
Latihan Soal :
1. Masalah apa saja yang kemungkinan
timbul sebagai akibat digunakannya informasi biaya sebagai pengukur kinerja manajer
pusat biaya ? Jelaskan !
2. a. “Untuk mengukur kinerja manajer
pusat biaya, biaya langsung merupakan ukuran yang mencerminkan kinerja manajer
pusat pertanggung jawaban tersebut.” Setujukah Anda dengan pernyataan tersebut
? Jelaskan !
b. “Untuk mengukur kinerja manajer
pusat biaya, biaya variabel merupakan ukuran yang mencerminkan kinerja manajer
pusat pertanggung jawaban tersebut.” Setujukah Anda dengan pernyataan tersebut
? Jelaskan !
c.
“Untuk
mengukur kinerja manajer pusat biaya, biaya tetap sebaiknya tidak dimasukkan ke
dalam ukuran kinerja.” Setujukah Anda dengan pernyataan tersebut ? Jelaskan !
3. Sebutkan dan jelskan karakteristik
dari pusat pemasaran/pendapatan!
4. Jelaskan diukur dari manakah kinerja
manajer pusat riset dan pengembangan?
5. Jelaskan mengapa pengendalian unit
staff pada pusat adminstrasi sulit dilakukan?
6. Jelaskan perbedaan antara keputusan
dalam penyusunan anggaraan pusat biaya kebijakan dan anggaran pusat biaya
teknik. read more
1 Komentar untuk "PUSAT RISET DAN PENGEMBANGAN"
PlayAmo Casino India – Get $300 Welcome Bonus - JTM Hub
PlayAmo online 사천 출장마사지 casino is powered by PlayAmo 경주 출장안마 software for mobile and includes 상주 출장안마 a plethora of table games to satisfy 사천 출장샵 your casino 고양 출장마사지 type. PlayAmo