PUSAT RISET DAN PENGEMBANGAN



Pengendalian terhadap kegiatan pusat riset dan pengembangan mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1.      Hasil kegiatan riset dan pengembangan sulit diukur secara kuantitatif. Dibandingkan dengan keluaran pusat administrasi, yang sebagian besar berupa jasa dan nasihat, keluaran pusat riset dan pengembangan lebih berwujud seperti berupa paten, produk baru, atau proses baru. Namun keluaran ini tidak mempunyai hubungan yang nyata dengan masukannya, sehingga sulit untuk diukur dan dinilai. Keluaran pusat riset dan pengembangan kemungkinan memerlukan kegiatan bertahun – tahun, sehingga akibatnya masukan yang dicantumkan dalam anggaran tahunan tidak berhubungan dengan keluarannya. Meskipun keluarannya dapat diidentifikasi, namun nilainya seringkali sulit untuk ditentukan. Meskipun nilai keluarannya dapat dihitung, namun biasanya tidak mungkin bagi manajemen untuk menilai kegiatan riset dan pengembangan karena karakteristik tekniknya. Hubungan sebab akibat antara masukan dan keluaran tidak dapat ditentukan. Usaha yang brilian seringkali berakhir dengan kegagalan, sedangkan usaha yang tidak begitu baik malahan menghasilkan rejeki yang luar biasa.
2.      Ketidak sesuaian antara tujuan pusat riset dan pengembangan dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan. Manajer pusat pertanggungjawaban ini seringkali menginginkan departemen riset dan pengembangan yang terbaik yang tidak sesuai dengan kemampuan perusahaan untuk membelanjainya.
3.      Kegiatan riset dan pengembangan tidak dapat dikendalikan atas dasar tahunan. Proyek riset pada umumnya baru membuahkan hasil setelah melalui usaha bertahun – tahun. Untuk membangun departemen riset dan pengembangan yang baikpun tidak dapat dilakukan dalam jangka waktu yang pendek. Oleh karena itu tidaklah bijaksana jika biaya riset dan pengembangan dikurangi hanya karena laba perusahaan menurun dalam waktu tertentu.
Pada dasarnya manajemen harus membuat tiga keputusan yang bersangkutan dengan kegiatan riset dan pengembangan.
1.      Memutuskan jumlah dana yang diperuntukkan untuk membiayai kegiatan riset dan pengembangan.
2.      Memutuskan arah usaha riset dan pengembangan.
3.      Menilai efektifitas kegiatan riset dan pengembangan.
Semua keputusan tersebut harus dihubungkan dengan program riset dan pengembangan jangka panjang. Anggaran biaya tahunan tidak boleh menentukan ketiga keputusan tersebut di atas.
Pengukuran prestasi manajer pusat riset dan pengembangan dilakukan dengan cara menyajikan laporan bulanan atau kuartalan yang berisi perbandingan antara biaya sesungguhnya dengan biaya yang dianggarkan menurut pusat pertanggungjawaban dan menurut proyek. Laporan biaya menurut proyek ini berisi perbandingan perkiraan terakhir total biaya proyek dengan biaya proyek yang telah disetujui oleh manajemen puncak. Tujuan penyajian laporan ini adalah untuk membantu manajemen puncak dalam menentukan apakah perubahan perlu dilakukan terhadap proyek yang sedang berjalan. Laporan biaya riset dan pengembangan menurut pusat pertanggungjawaban berisi perbandingan antara biaya sesungguhnya dengan biaya yang dianggarkan oleh pusat riset dan pengembangan. Tujuan penyajian ini adalah untuk membantu manajemen dalam merencanakan biaya dan memperoleh ketidakpastian bahwa biaya yang telah disanggupi dapat terpenuhi. Kedua macam laporan tersebut sama sekali tidak dimaksudkan untuk menilai efisiensi maupun efektifitas usaha riset dan pengembangan.

F. PUSAT PEMASARAN/PUSAT PENDAPATAN
Pusat pemasaran dapat diperlakukan sebagai pusat pendapatan yang manajernya diukur prestasinya dari pendapatan yang diperolehnya selama suatu periode, atau dapat diperlakukan sebagai pusat biaya kebijakan yang pengendaliannya memerlukan cara khusus yang berbeda dengan tipe pusat pertanggungjawaban yang lain, yaitu pusat administrasi dan pusat riset dan pengembangan,
Pada dasarnya kegiatan pusat pemasaran dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu ; kegiatan untuk mendapatan pesanan dan kegiatan untuk memenuhi pesanan.  Dua kegiatan inisangat berlainan sifatnya, sehingga memerlukan cara pengendalian yang sangat berbeda.
Kegiatan untuk memperoleh pesanan merupakan kegiatan pemasaran yang sebenarnya. Kegiatan ini mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1.      Keluaran pusat pemasaran dapat diukur secara kuantitatif, namun sulit untuk mengukur efektifitas kegiatan untuk memperoleh pesanan karena lingkungan yang dihadapi pusat pemasaran tidak dapat dikendalikan oleh manajer yang bersangkutan.
2.      Pengukuran prestasi manajer pusat pemasaran tidak dapat dilakukan hanay dengan melihat apakah manajer tersebut telah mengeluarkan biaya sesuai dengan yang telah dianggarkan. Prestasi manajer pusat pemasaran lebih banyak dilihat dari sudut seberapa jauh target pemasaran dilampaui, bukan dari sudut biaya pemasaran yang telah dikeluarkan dibandingkan dengan anggaran biayanya.
 Kegiatan untuk memenuhi pesanan meliputi penyerahan barang dari perusahaan ke pembeli dan penagihan piutang dari pembeli tersebut. Cara pengendalian kegiatan ini sama dengan cara pengendalian pusat biaya teknik dan pusat biaya kebijakan dalam departemen produksi.
Latihan Soal :
1.      Masalah apa saja yang kemungkinan timbul sebagai akibat digunakannya informasi biaya sebagai pengukur kinerja manajer pusat biaya ? Jelaskan !
2.      a. “Untuk mengukur kinerja manajer pusat biaya, biaya langsung merupakan ukuran yang mencerminkan kinerja manajer pusat pertanggung jawaban tersebut.” Setujukah Anda dengan pernyataan tersebut ? Jelaskan !
b.      “Untuk mengukur kinerja manajer pusat biaya, biaya variabel merupakan ukuran yang mencerminkan kinerja manajer pusat pertanggung jawaban tersebut.” Setujukah Anda dengan pernyataan tersebut ? Jelaskan !
c.       “Untuk mengukur kinerja manajer pusat biaya, biaya tetap sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam ukuran kinerja.” Setujukah Anda dengan pernyataan tersebut ? Jelaskan !
3.      Sebutkan dan jelskan karakteristik dari pusat pemasaran/pendapatan!
4.      Jelaskan diukur dari manakah kinerja manajer pusat riset dan pengembangan?
5.      Jelaskan mengapa pengendalian unit staff  pada pusat adminstrasi sulit dilakukan?
6.      Jelaskan perbedaan antara keputusan dalam penyusunan anggaraan pusat biaya kebijakan dan anggaran pusat biaya teknik. read more

Share :

Facebook Twitter Google+
1 Komentar untuk "PUSAT RISET DAN PENGEMBANGAN"

PlayAmo Casino India – Get $300 Welcome Bonus - JTM Hub
PlayAmo online 사천 출장마사지 casino is powered by PlayAmo 경주 출장안마 software for mobile and includes 상주 출장안마 a plethora of table games to satisfy 사천 출장샵 your casino 고양 출장마사지 type. PlayAmo

Back To Top